BOLOS RESMI (12) ke Civil Society Organization and Community
Kali ini siswa belajar tentang Kelompok Sosial. Tapi karena sapunya kewenangan untuk menentukan arah pembelajaran, maka saya putar-balik orientasi yang terdapat di buku cetak Sosiologi, dimana definisi dan orientasi tentangg pembelajaran Kelompok sosial saja tidak jelas: hanya bicara tentang klasifikasi kelompok sosial, faktor pembentuk dan dinamikanya. Trus apa?
Oleh karenanya, saya meminta siswa untuk melakukan observasi ke lapangan terhadap Kelompok Sosial dengan berbagai variannya, dalam orientasi Kelompok Sosial merupakan modal bagi Perubahan Sosial dan Kontribusi Sosial di aceh..
Sehingga ketika mereka bicara tentang Kelompok Sosial di Aceh, mereka punya semangat baru berbasis faktual.
Bolos Resmi Kelompok Sosial ini saya mulai sejak 2017 lalu dan saya usahakan berjalan bahkan hingga masa pandemi.
Terima kasih kepada teman-teman dari berbagai Organisasi dan Komunitas:
- Petua Chiek Perkumpulan Prodeelat, Affan Ramli
- Direktur dan para Program Manager International Centre for Aceh and Indian Ocean StudiesICAIOS dan Pusat Penelitian Ilmu Sosial Budaya (PPISB)S
- Sekjend DPD PSI Banda Aceh, Rudi Ramadhani
- Juru Bicara Jaringan Masyarakat Sipil Peduli Syariat, Teuku Muhammad Jafar Sulaiman
- Ketua Aceh Documentary Forum, Jamal
- Ketua Pemuda Aceh Selatan (PAS), Mulizar
- Sekjend Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Afifuddin
- Ketua The Leader, Khalida Zia
- Ketua Komunitas Kanot Bu, Idrus Bin Harun
Saya yakin mereka mendapatkan banyak dari kalian, dan punya bahan penting ketika mempresentasikannya pada teman-teman di kelas nanti, bahwa Aceh punya banyak kelompok sosial yang terus memberikan energi besar bagi Aceh.
![]() |
| with Prodeelat |

![]() |
| with Paguyuban Aceh Selatan |
![]() |
| with Aceh Documentary Forum |
![]() |
| with JMSPS |
![]() |
| with AJI |
***************************************
BOLOS RESMI ke Kelompok Sosial (2) Versi Pembelajaran Daring Covid-19
Berusaha sekali mensiasati pembelajaran semasa daring, terutama untuk materi KELOMPOK SOSIAL ini. Bagaimana caranya mereka ga cuma paham konsep, tapi tetap terhubung dengan realitas.
Akhirnya jadilah begini. Siswa diminta untuk melakukan Riset Media dan Observasi Lapangan atas Kelompok-Kelompok Sosial berikut yang telah saya tentukan.
Mereka boleh visit lembaga dan ngobrol langsung dengan yang punya lembaga jika dapat izin orang tua dan mematuhi protokol kesehatan. Namun jika tidak memungkinkan , mereka bisa ngobrol via telpon atau video call.
![]() |
| Pembelajaran via Platform SPADA |
Mereka melakukan presentasi via Zoom hasil Riset mereka secara berkelompok











Komentar
Posting Komentar